Awal 2012, Sebuah gunung es berpisah dari benua antartika


gunung es
Di tengah santernya pemanasan global dengan mencairnya es di kutub, kini muncul kehebohan baru tentang hadirnya sebuh gunung es raksasa di barat antartika. Gunung es ini diperkirakan terbentuk awal 2012 mendatang yang terjadi akibat tanahnya retak dan memisahkan diri dari benua antartika.


Gunung es ini diramalkan akan bergerak ke utara dengan bantuan angin dan gelombang laut. Keretakan yan terjadi sudah mencapai 30 kilometer dengan kedalaman 60 meter, dan berada di depan Pine Island Glacier (PIG).

Selain gunung bakal bergerak, efeknya akan mengena ke rantai makanan dan pertambahan jumlah air di bumi. Pergerakan menyebabkan mencairnya es sampai jutaan ton liter. Binatang juga kesulitan mencari makanan karena akses mereka terputus. Rantai makanan juga akan terpengaruh karena itu.
Menurut peneliti, hadirnya gunung es ini dianggap sesuatu yang wajar dan terjadi tiap siklus 10 tahun. “Gunung es besar terakhir muncul pada 2001,” kata  Michael Studinger, peneliti IceBridge Project, seperti diutip National Geographic.
Sumber :http://lifestyle.sidomi.com/32852/awal-2012-sebuah-gunung-es-berpisah-dari-benua-antartika/
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Anda Pengunjung Yang Ke

STATISTIK

 

Dunia Kita. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com